BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing)


Hai! Kalian tau gak sih, gak cuma kita aja loh yang menjadi warga Negara Indonesia asli yang belajar Bahasa Indonesia, tapi warga Negara asing juga, nah pelajarannya itu adalah BIPA! Kalian udah pernah denger atau tau apa itu BIPA? Yuk simak blog aku ini!
Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) adalah Program pembelajaran Bahasa Indonesia, yang biasanya ditujukan untuk warga negara asing. Biasanya yang belajar BIPA adalah orang asing, warga negara yang bukan orang Indonesia. Nah karena ini, bahasa Indonesia sekarang di pelajari oleh orang orang asing tidak hanya warga Negara asli Indonesia.
Kalian tau gak sih ada beberapa Negara asing yang menjadikan bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa yang penting atau bahasa kedua bagi mereka. Contoh-contoh Negara tersebut adalah Australia, Vietnam, Thailand, dan lain-lain. Bahkan di Australia beberapa sekolah dasar dan sekolah menengahnya menjadikan bahasa Indonesia pelajaran wajib loh! Dan juga di berbagai Universitas di belahan dunia manapun banyak yang mempunyai program studi Bahasa Indonesia di Universitasnya, keren ya! Dengan adanya hal ini, kita jadi bisa lebih mudah men internasionalisasi Bahasa Indonesia.
Warga Negara asing yang mempelajari BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) biasanya mereka memiliki tujuan masing masing untuk belajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing). Kusmiatun menyebut dalam bukunya, bahwa ada banyak tujuan para pelajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) saat mereka belajar Bahasa Indonesia. Dari berbagai banyak tujuannya, diantaranya ada yang ingin mempelajari budaya Indonesia, ada yang untuk kepentingan pendidikan, ada yang untuk kepentingan pekerjaan atau kerjasama. Ada juga penutur asing yang mempelajari bahasa Indonesia hanya karena ingin sekedar mengetahui bahasa Indonesia.
Yang belajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun belajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing). Tapi biasanya yang belajar BIPA langsung di Indonesia kebanyakan adalah orang dewasa. Contohnya di UPT Bahasa Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pelajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) yang belajar di UPT Bahasa Universitas Sebelas Maret Surakarta adalah pelajar yang memperoleh Beasiswa program Darmasiswa dan Kerjasama Negara Berkembang (KNB).
Tiap pelajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) biasanya memiliki karakteristik masing-masing. Andayani menyampaikan bahwa para mahasiswa yang belajar BIPA berasal dari berbagai Negara. Sebagai penutur asing bahasa Indonesia, mereka memiliki karakteristik tertentu, contohnya seperti, minat, tujuan belajar, strategi belajar, dan waktu belajar.
Wah keren ya bahasa kita dipelajarin sama orang orang Asing, nah makanya kita gaboleh sebel sebel lagi kalo disekolah ada pelajaran bahasa Indonesia, karena itu penting loh buat dipelajarin, masa warga asing aja bisa berbahasa Indonesia yang baik, sedangkan kita warga asli Indonesia gabisa? Jadi, kita harus bangga dan tetap menjaga bahasa asli kita ini!

Mau tau info lebih lanjut??? Klik link journal.uinjkt.ac.id/index.php/dialektika/article/view/6295/pdf

Comments

  1. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || bbm : 55F97BD0 || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kebutuhan Ruang Perpustakaan Sesuai Ruang Lingkup Pelayanan

2 Buah dalam satu bentuk?!!

Yuk Kenalan Sama Wali Songo!!