Orientasi Perpustakaan untuk Para Pemustaka

Orientasi merupakan kegiatan yang dilakukan agar para mahasiswa baru dapat mengenali lingkungan barunya. Kalau di masa sekolah biasanya orientasi dikenal dengan nama MOS, dan untuk tingkat perguruan tinggi disebut dengan OSPEK. Nah, Perpustakaan UIN Syarif Hidayatulla Jakarta juga mempunyai orientasi. 
Orientasi Perpustakaan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap ajaran baru oleh Perpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Mengapa orientasi Perpustakaan perlu dilakukan? Karena, Perpustakaan akan menjadi salah satu tempat penting bagi mahasiswa untuk mencari referensi referensi buku, jurnal, dan lain-lain yang akan mempermudah dalam menunjang perkuliahan. Nah, agar para mahasiswa dapat dengan mudah menggunakan fasilitas fasilitas dari Perpustakaan Utama UIN Jakarta, maka dilakukanlah orientasi pemustaka.

Kegiatan Orientasi Pemustaka yang baru ini dilaksanakan kemarin pada saat masuk ajaran baru yaitu pada tanggal 24 Oktober 2018. Kegiatan dilakukan di ruang pertemuan lantai 7 Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Literasi Informasi. Acara ini dihadiri oleh 150 mahasiwa dari berbagai jurusan yang ada di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kegiatan tersebut di isi oleh orang-orang yang paham betul akan Perpustakaan  Pusat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini. Pembukaan dibuka oleh Kepala Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yaitu bapak Amrullah Hasbana, S.Ag., SS., MA. Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua sesi, sesi yang pertama di isi oleh Sub Koordinator Layanan Kejasama  dan Sub Koordinator yaitu, Ibu Ulpah Andayani, M.Hum. dan Ibu Maryulisman, S. IP., di moderator oleh Staff layanan pemustaka yaitu Septian Nur Hakim, S.IP. Lalu sesi kedua isi oleh Sub Koordinator Layanan IT dan Otomasi yaitu Bapak Luthfi Irhason, S.IP di moderatori oleh Staff Layanan Teknis yaitu Hayatunnisa, S.IP.
Materi yang disampaikan oleh para narasumber adalah pengenalan tentang Perpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Mulai dari layanan apa saja yang berada di perpustakaan utama dan juga fasilitas apa saja yang ada diperpustakaan, karena dengan mahasiswa mendapat orientasi tentang perpustakaan akan mempermudah pemustaka dalam menggunakan layanan dan fasilitas perpustakaan utama UIN Jakarta. Tidak lupa juga diberi edukasi tentang peraturan yang harus ditaati pemustaka saat berada diperpustakaan. Salah satunya adalah “dilarang membawa makanan dan minuman kedalam perpustakaan” yang dimaksudkan agar terjaganya koleksi dan ruangan supaya tetap rapi dan bersih.
Lalu sebagai penutup kegiatan orientasi perpustakaan ini adalah sesi Tanya jawab dan kritik saran dari pemustaka, salah satu kritik dari pemustaka adalah ”seharusnya setiap rak buku diberikan identitas nomer kelas untuk memudahkan mencari lokasi koleksi”
Nah, untuk mengetahui informasi ini lebih lanjut dan informasi lainnya kalian bisa klik disini!!!!! perpus.uinjkt.ac.id/content/perpustakaan-gelar-orientasi-pemustaka

Comments

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kebutuhan Ruang Perpustakaan Sesuai Ruang Lingkup Pelayanan

2 Buah dalam satu bentuk?!!

Yuk Kenalan Sama Wali Songo!!